Welcome to Egi Gi

Pages

Tuesday, November 29, 2011

Kalau mobil bisa ngomong maka tingkat kecelakaan bisa turun sampai 80%



Membuat mobil bisa saling "bicara" satu dengan yang lainnya untuk menghindari kecelakaan bukan baru kali ini kita dengar, kami juga pernah membahas teknologi dari Ford disini.

Hanya saja teknologi yang mampu mengurangi kecelakaan ini akan semakin dekat menjadi kenyataan dengan adanya percobaan yang dilakukan oleh University of Michigan’s Transportation Research Institute.


Dikenal dengan "vehicle-to-vehicle" dan "vehicle-to-infrastructure communication", teknologi yang satu ini akan membuat mobil bisa berkomunikasi satu sama lain dan juga bisa berkomunikasi dengan lampu lalu lintas dan lainnya yang berhubungan dengan jalan raya.

Teknologi yang menggunkan sinyal radio (tepatnya short-range radio communication) ini bisa memberitahu banyak hal kepada pengemudi seperti ada mobil dari samping yang sedang mendekat, lampu lalu lintas akan berubah warna (menjadi merah) dan masih banyak lagi.

Sinyal radio yang ada akan terus memberikan data terhadap lingkungan sekitar dan memberitahu apabila ada bahaya.

Alhasil, bila ini berhasil maka katanya kecelakaan lalu lintas bisa berkurang sampai 80%. Wow!!

Oh iya, percobaan ini sendiri akan dilakukan dengan 64 buah mobil dari beberapa produsen mobil dan akan dicoba di Ann Arbor, Michigan.

Percobaan ini akan terus dilakukan sampai 2013.

No comments:

Post a Comment